TIM BANTUAN MEDIS 110 FK UMI
TBM 110 Ikuti Latgabwil IV dan V 2016 di Surabaya
29 April 2016 - 1 Mei 2016

Latihan Gabungan Wilayah Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (LATGABWIL PTBMMKI) merupakan salah satu program kerja PTBMMKI yang setiap tahun rutin dilaksanakan di lima wilayah Indonesia dan TBM 110 masuk dalam wilayah 5. LATGABWIL PTBMMKI ini diadakan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan serta skill anggota serta mengupgrade ilmu baru dari tiap TBM unit, selain itu melalui kegiatan ini kita juga bisa membina hubungan yang baik antar anggota tim bantuan medis mahasiswa kedokteran indonesia.

Pada tanggal 29 April-1 Mei 2016 latihan gabungan wilayah diadakan di Surabaya selama 3 hari. Pada kegiatan LATGABWIL kali ini sangatlah spesial karena untuk pertama kalinya latihan gabungan wilayah 4 dan wilayah 5 digabung dalam satu tempat yaitu di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya oleh Tim Bantuan Medis Kelompok Pengkaji Lingkungan Aesculap (KPLA). Pada kesempatan kali ini, TBM 110 mengurus 2 orang delegasi terbaik untuk turut serta pada pelaksanaan kegiatan ini, yaitu Heldi Jafar Yansari dan Marwani.

Kegitan Opening dilaksanakan tanggal 29 April di Ruang sidang UNAIR, Surabaya yang kemudian keesokan harinya tepat tanggal 30 April rangkaian acara inti berupa Seminar dan Workshop tentang SPORT INJURY di RSKI UNAIR.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta Latihan Gabungan adalah :

Materi Seminar

1. Penanganan cedera olahraga : 2 sisi mata uang (Prof. Dr. Achmad Sjarwani, dr,SpOT (K))

2. Preconditioning : kapasitas respon fisiologis tubuh menghadapi stres fisik (Dr. Bambang Purwanto , dr,MKes)

3. Patobiomekanika Cedera Olahraga (Dr. Damayanti Tinduh , dr ,SpKFR)

4. Indikasi dan pemilihan pemeriksaan radiologi pada kasus trauma olahraga (Paulus Rahardjo, dr. SpRad(K))

5. Algoritma penanganan cedera olahraga (Dr.Dwikora Novembri Utomo, dr, SpOT (K))

Materi Workshop

1. RICE

2. Pertolongan Pertama pada Cedera Olahraga

Adapun kegiatan Simulasi dari Teori yang didapatkan saat seminar dan skill saat workshop diaplikasikan secara langsung pada tanggal 1 Mei di Kampus C UNAIR, dimana diadakan simulasi berupa pertandingan olahraga dimana tim medis yang berjaga dan bertugas menangani pasien yang mengalami cedera saat pertandingan.

Akhir kata, semogaa ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama kegiatan bisa bermanfaat dan diterapkan terutama dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Dengan Persaudaraan Demi Kemanusiaan, Jayalah PTBMMKI!

Kegiatan Terkait
    Tidak ada
1996 - 2017 | Tim Bantuan Medis 110 FK-UMI. All rights reserved.